4 Mitos Kesehatan yang Salah Dalam Masyarakat

Banyaknya  beredar berita hoaks, memunculkan banyak mitos kesehatan yang salah. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat kita yang mudah mempercayai apa yang mereka dengar.

berikut ini mitos kesehatan

Inilah yang membuat seseorang harus mencari sumber data ilmiah. Agar pengetahuan akan  kebutuhan tubuh kita bertambah dan tidak mudah terpengaruh berita yang tidak jelas sumbernya.

Berikut beberapa mitos kesehatan yang berkembang luas pada msyarakat kita.
Mitos yang berkembang di masyarakat.

1. Makan makanan 5 detik jatuh tidak apa-apa

Masih ingat iklan tahun 90’an, mungkin ini yang menjadi rujukan bagi masyarakat mengenai mitos kesehatan yang salah ini. Patut kita ketahui bakteri telah mencemari makanan dalam milidetik ketika bersentuhan dengan permukaan tempat Anda menjatuhkannya.

2. Tidak boleh makan es krim saat demam

Entah bagaimana mitos kesehatan yang salah ini tersebar di masyarakat. Namun menurut James M. Steckelberg, M.D. di situs Mayo Clinic, produk susu beku  dalam es krim tidak meningkatkan produksi lendir  saat tenggorokan  sakit."Produk susu beku dapat meredakan sakit tenggorokan dan menyediakan kalori saat anda tidak makan," tulisnya.

3. Radiasi microwave bikin kanker

Microwave memiliki standar radiasi yang telah ditetapkan Food and Drug Administration yang tidak berbahaya bagi manusia."Microwave memanaskan makanan. Mereka tidak mengubah makanan apapun yang tidak dibuat dengan metode memasak lain. Jadi mereka tidak membuat makanan menjadi penyebab kanker,". Mungkin ,mitos kesehatan yang salah ini muncul karena persaingan bisnis kompor dengan microwave yang cukup ketat saat itu.

4. Minum delapan gelas sehari

Tidak ada bukti yang benar-benar menjelaskan mengapa anda harus minum delapan gelas air dalam sehari. Memang hal ini memilki kaitan dengan kesehatan ginjal dan kulit, atau pada kadar natrium dalam tubuh orang sehat.

Bahkan, bahaya dari minum terlalu banyak air dapat membuat anda berisiko keracunan air dan hiponatremia.  Bukan berati karena ini mitos kesehatan yang salah anda berhenti minum, sebaiknya  minumlah saat merasa haus untuk menghindari dehidrasi.

Itulah beberapa mitos yang sudah dipercaya oleh masyarakat. Tanpa mengetahui benar atau tidak nya hal ini, sudah terlanjur melekat pada masyarakat kita. Kadang hal ini dipercaya melalui turun menurun. Kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat kita mengenai kesehatan, memunculkan mitos kesehatan yang salah. Dan kadang hal ini sulit untuk dirubah.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Mitos Kesehatan yang Salah Dalam Masyarakat"

Posting Komentar